theplateofspirit

Bangkit Dari Keterpurukan

2 Raja-Raja 4:1-7
Jikalau saat ini kita menghadapi banyak masalah dan masalah tersebut sangatlah besar dan berat untuk kita selesaikan, apakah kita akan pasrah dengan keadaan tersebut, apakah kita akan mencoba menuntaskannnya dengan kekuatan kita sendiri, atau mengusahakan yang terbaik yang bisa kita lakukan dan menyerahkan masalah kita kepada Tuhan serta percaya kepada Dia dengan sepenuh hati.
Masalah demi masalah boleh silih berganti datang menghadang setiap langkah kehidupan kita tetapi iman kita kepada Tuhan haruslah tetap sama bahkan harus lebih kuat lagi. Bukanlah hanya dengan mengandalkan kekuatan kita saja untuk tetapi juga ikut sertakan Tuhan dalam menuntaskan masalah tersebut. Sehingga kita tidak akan sendirian dalam melangkah tetapi ada Tuhan yang menyertai kita dan jikalau Tuhan menyertai kita, pastilah setiap masalah yang kita hadapi akan terselesaikan.
Terkadang masalah yang sangat berat dan menumpuk akan membuat kita menjadi terpuruk, kita akan kehilangan semangat, depresi dan yang lebih parah lagi kehilangan gairah untuk hidup atau ingin cepat mati. Tetapi bukanlah itu yang diinginkan oleh Tuhan, memang masalah yang kita hadapi sangatlah berat tetapi keinginan Tuhan ialah menunjukkan kasih dan kuasaNya kepada kita melalui setiap masalah yang kita hadapi.

Kemudian bagaimana kita bisa bangkit ketika kita menghadapi masalah yang berat yang seakan melilit leher kita. Ada beberapa hal yang harus kita lakukan untuk bangkit dari keterpurukan tersebut, antara lain:
Datanglah kepada pribadi yang tepat
Janganlah kita datang kepada orang yang salah karena bukanlah jawaban yang akan kita terima tetapi mungkin saja orang tersebut akan membuat kita semakin terpuruk. Jawaban yang tepat dalam hal ini adalah datanglah kepada Tuhan, Dialah pribadi yang akan menunjukkan jalan untuk setiap masalah kita dan bukan hanya jawaban tetapi Dia juga yang akan turut bekerja menyertai kita untuk menyelesaikan masalah kita.

Tetap mau diproses untuk bangkit dari keterpurukan
Jikalau Tuhan sudah memberikan jawaban atas setiap masalah kita, lakukanlah apa yang Tuhan perintahkan. Janganlah kita pernah menunda-nunda atau bahkan lari dan menghindar untuk melakukannya, karena masalah tersebut juga tidak akan terselesaikan. Jadi lakukanlah apa yang telah Tuhan perintahkan sekalipun mungkin itu sulit bagi kita.

Tutup pintu dari suara yang tidak berguna / intimidasi
Dan jikalau kita sudah melakukannya, tetaplah fokus kepada Tuhan dan apa yang kita kerjakan. Karena jika kita masih disibukkan dengan hal-hal yang lain, maka masalah tersebutpun juga tidak akan terselesaikan. Tetaplah fokus kepada Tuhan sampai semuanya mencapai garis akhir.

Bertindak dengan iman
Dan dalam kita melakukan apa yang telah Tuhan perintahkan bagi kita, lakukanlah itu semua dengan iman. Karena tanpa iman semuanya akan sia-sia, demikian pula sebaliknya iman tanpa perbuatan juga akanlah sia-sia. Jadi, lakukanlah itu semua dengan iman, iman kepada Yesus, Tuhan.

Belajarlah untuk bertanggung jawab
Ketika semua telah mencapai garis akhir dimana semua masalah kita telah terselesaikan, janganlah kita cepat untuk merasa puas dan mulai melupakan Tuhan tetapi mulailah kenalilah pribadiNya dengan lebih baik lagi dan ingatlah selalu pelajaran yang telah Tuhan berikan serta ceritakanlah kepada orang banyak tentang kasih dan kuasaNya.
Jalanilah setiap langkah dengan taat dan takut akan Tuhan dan lihatlah apa yang akan Tuhan kerjakan dalam hidup kita. Kasih dan kuasaNya senantiasa menyertai kita semua, sudah waktunya bagi kita untuk bangkit dari keterpurukan kita, Semangat!!. Tuhan Yesus memberkati kita semua selamanya

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s