theplateofspirit

Janganlah Takut Dalam Menghadapi Badai Hidup

Matius 14:22-33
Seringkali kita mengalami fase naik dan turun dalam hidup ini, ada waktu dimana kita sangat senang dalam menjalani hidup ini dan juga ada waktu dimana kita sangat sedih bahkan tak jarang pula rasanya kita ingin cepat mati agar masa sulit itu cepat berakhir. Tetapi jikalau kita berpikir dengan bijak apakah jika kita mati masalah itu akan terselesaikan dengan sendirinya, jawabannya tentulah tidak, mungkin bahkan sebaliknya dimana mereka yang kita tinggalkan akan semakin menderita dan lebih sulit lagi kehidupannya. Jadi apa yang harus kita lakukan disaat kita menghadapi fase turun dimana banyak masalah terjadi dalam kehidupan kita. Jawaban praktisnya adalah kuatkanlah iman kita dan andalkanlah Tuhan dalam segala hal. Tetapi tentunya bukanlah jawaban praktis saja yang kita perlukan tetapi ada beberapa hal yang seharusnya kita lakukan, antara lain:
Bersekutulah dengan Tuhan tanpa kenal lelah, andalkanlah Tuhan dalam segala hal dan carilah apa yang menjadi kehendakNya.

Janganlah kita takut dalam menghadapi badai hidup karena kita tidak sendiri dalam melangkah tetapi ada Tuhan yang menyertai kita. Dan juga janganlah merasa sombong ketika kita telah terbiasa dengan badai tersebut tetapi tetaplah fokus kepada Tuhan dan milikilah kerendahan hati.

Milikilah respon iman yang cepat, janganlah kita memiliki banyak pertimbangan dalam mengikuti Tuhan tetapi cepat lakukan. Dan milikilah mimpi yang besar karena Tuhan kita adalah Tuhan yang besar, tetapi juga janganlah hanya bermimpi saja tetapi nyatakanlah itu dalam tindakan dan iman.

Kejarlah apa yang Tuhan kerjakan karena bukanlah perkara sulit bagi kita untuk melakukan mujizat seperti Dia, bukankah juga tertulis dalam Firman Tuhan bahwa kita akan melakukan perkara seperti yang Dia lakukan bahkan lebih dari apa yang telah Dia lakukan.

Dan terakhir percayalah kepada Tuhan dengan segenap hati, jiwa dan akal budi. Tuhan tidak pernah melupakan anakNya tetapi Dia selalu senantiasa berada disisi kita, Dia telah siap sedia untuk menolong kita. Tetapi bukanlah dengan cara kita tetapi dengan caraNya sendiri yang ajaib.
Lakukanlah semuanya itu dan lihatlah kasih dan kuasaNya yang ajaib akan dikerjakan oleh Dia dalam kehidupan kita. Dan setiap belenggu masalah yang mengikat kitapun akan terlepaskan dan kitapun akan dibawa kepada fase yang lebih tinggi lagi dalam hidup ini oleh Tuhan.
Jadi, janganlah takut ketika badai hidup itu datang dan menghadang kita, tetapi hadapilah badai itu dengan berani bersama Tuhan yang menyertai kita.

Motivasi
Zona nyaman tidak akan mengajarkan kita sesuatu yang berarti dan tidak akan membuat kita bertumbuh tetapi badai hidup akan membuat kita semakin menjadi pribadi yang lebih baik seperti apa yang dikehendaki oleh Bapa kita. Dan dalam badai hidup itulah kita akan melihat kasih dan kuasa Tuhan yang luar biasa dikerjakan dalam hidup kita.

Kiasan
Laut yang tenang tidak akan melahirkan nahkoda yang hebat tetapi laut yang bergelombang akan melahirkan nahkoda yang luar biasa, kuat, cakap dan tangguh.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s