theplateofspirit

Belas Kasihan

Pernahkah kita merasa kasihan ketika kita melihat seorang pengemis tua yang meminta-minta? Atau ketika seorang yang cacat berjalan terseok-seok? Adakah dalam hati kita timbul sebuah perasaan untuk menolong mereka?
Manusia pada dasarnya adalah mahkluk sosial, tidak bisa terbantahkan bahwa kita tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Jikalau seseorang berkata bahwa dia bisa hidup sendiri, mengurus rumah sendiri dan memasak sendiri tanpa perlu bantuan orang lain. Saya berani menjawab bahwa dia tetap tidak bisa hidup sendiri, mengapa? Dari kata memasak saja sudah jelas bahwa dia tidak bisa hidup sendiri, mengapa? Adakah dia yang mencipatakan bahan-bahan untuk dimasak untuk dijadikan makanan, bukankah ada orang lain yang menghasilkan bahan-bahan tersebut misalnya petani. Dari hal tersebut sudah tampaklah jelas bahwa manusia pada dasarnya tidak bisa hidup sendiri tetapi saling melengkapi antara satu dengan yang lain, ada hubungan saling tolong menolong antara satu pribadi dengan pribadi yang lain.

Kita kembali lagi kepada topik awal yakni apakah kita memperhatikan orang disekitar kita yang lemah dan menolong mereka? Ataukah kita tidak mempedulikan mereka sama sekali sekalipun mereka ada didepan kita.
Ada tertulis dalam Alkitab di Mazmur 41:2 bahwa “Berbahagialah orang yang memperhatikan orang lemah! TUHAN akan meluputkan dia pada waktu celaka.” Didalam Filipi 2:4 juga tertulis bahwa “dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga.” Jadi bukan hanya hakikat saja bahwa manusia adalah mahkluk sosial tetapi Tuhan pun juga meminta kepada kita untuk memperhatikan mereka yang lebih lemah dari kita dan menolong mereka. Jikalau demikian, masihkah kita mengeraskan hati kita untuk menolong mereka? Janganlah kita mengeraskan hati kita tetapi yang harus kita miliki adalah hati yang penuh dengan kasih sama seperti Bapa kita. Dan wujudkanlah kasih tersebut dalam sebuah tindakan, itulah arti yang sebenarnya dari kata belas kasihan.

Jikalau kita tidak tahu bagaimana kita bisa berbelas kasihan, cara yang bisa kita lakukan adalah
Lukas 7:11-17, Lukas 10:33-34
Melihat dan mendengar
Perhatikanlah keadaan di sekitar kita, apakah ada yang membutuhkan pertolongan kita. Janganlah kita menjadi acuh tak acuh terhadap keadaan di sekitar kita. Karena ketika kita mementingkan diri kita sendiri dan tidak mau memperhatikan keadaan di sekitar kita, hal tersebut mungkin akan merugikan kita.

Menjadikan hati kita untuk mudah tersentuh untuk berbelas kasihan oleh Roh Kudus
Mintalah kepada Tuhan untuk memberikan hati yang rindu untuk melayani sesama oleh tuntunan Roh Kudus. Dan juga mintalah kepada Tuhan untuk mengubahkan hati kita menjadi serupa seperti Dia. Janganlah kasih kita itu pura-pura tetapi milikilah hati yang murni untuk mengasihi seperti Bapa.

Diikuti oleh tindakan
Jika kita melihat ada orang yang membutuhkan pertolongan, segera lakukanlah apa yang bisa kita lakukan untuk menolong orang tersebut. Janganlah kita hanya merasa kasihan saja tetapi tanpa melakukan sebuah tindakan, karena hal tersebut adalah sia-sia. Dan juga ada banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk berbelas kasihan, diantaranya berdoa bagi mereka, memberikan sesuatu kepada mereka, meluangkan waktu bagi mereka dan masih banyak lagi yang bisa kita lakukan untuk membantu mereka.

Belas kasihan itu selalu menjawab sebuah kebutuhan
Percayalah bahwa tindakan belas kasihan akan menjawab setiap kebutuhan seseorang. Karena memang mereka sangat membutuhkannya.
Belas kasihan itu tidak pernah menjadi hal yang sia-sia, karena melalui belas kasihan, kasih Tuhan akan dunia juga akan menjadi semakin nyata. Jadi mari kita mengerjakan hal ini dan rasakanlah bahwa hidup kita juga akan menjadi semakin berarti.
Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s