theplateofspirit

The Good Leader

Apakah yang kita pikirkan jika kita mendengar pemimpin yang baik? Pasti kebanyakan diantara kita akan beranggapan bahwa pemimpin yang baik adalah pemimpin yang sukses. Pendapat tersebut tidaklah salah dan juga belum tentu benar, karena pemimpin yang sukses belum tentu menjadi pemimpin yang baik tetapi pemimpin yang baik telah sukses terlebih dahulu. Why? Karena pemimpin yang sukses belum tentu dapat memimpin orang yang dibawah jabatannya dengan baik tetapi pemimpin yang baik telah sukses memimpin orang dibawah jabatannya dengan baik. Jikalau demikian manakah yang akan kita pilih menjadi pemimpin yang baik atau pemimpin yang sukses? Tentunya, kita akan memilih untuk menjadi pemimpin yang baik, bukan? Tetapi menjadi pemimpin yang baik bukanlah perkara yang mudah yang dapat diperoleh dengan instan, melainkan ada banyak proses yang harus dilalui. Bukanlah hal yang mudah untuk melalui setiap proses tersebut, karena kita harus rela mengorbankan tenaga, waktu, pikiran dan bahkan kita harus membuang ego kita dan mengalah untuk kepentingan yang lain. Tetapi setiap pengorbanan yang kita lakukan tidak ada artinya dengan apa yang akan kita peroleh nanti yakni karakter seorang pemimpin yang baik.
Ada beberapa hal yang harus kita ingat dan lakukan untuk menjadi pemimpin yang baik, diantaranya:
Membuang ego
Pemimpin yang baik selalu mengutamakan kepentingan kelompok, mau menerima pendapat orang lain, mau menerima teguran karena teguran sifatnya adalah membangun karakter untuk menjadi lebih baik lagi.

Peduli kepada sesama
Pemimpin yang baik tidak berlaku semaunya sendiri kepada bawahannya tetapi juga peduli kepada mereka, bahkan mau dengan senang hati menolong mereka jika mereka mengalami kesulitan.

Menghormati dan menghargai
Pemimpin yang baik selalu menghargai setiap usaha yang telah dilakukan oleh bawahannya sekalipun terkadang itu kurang sempurna dan bukan hanya menghargai saja tetapi juga menghormati mereka.

Tidak mudah menyerah
Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang tidak kenal dengan kata menyerah dan juga tidak memiliki pemikiran untuk lari dari masalah tetapi selalu berusaha untuk memecahkan setiap permasalahan yang ada.

Bertanggung jawab
Pemimpin yang baik tidak pernah meninggalkan kewajibannya tetapi selalu berusaha untuk menyelesaikannya dengan baik.

Berani, adil dan bijaksana
Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang adil, tidak membedakan antara satu dengan yang lain. Berani untuk melindungi mereka yang benar dan bijaksana dalam mengambil setiap keputusan.

Rela berkorban
Pemimpin yang baik rela berkorban untuk mereka yang dipimpin oleh dia baik itu dalam hal tenaga, waktu dan pikiran.

Dekat dengan Tuhan
Pemimpin yang baik tidak pernah jauh dari pada Tuhan karena dia tahu bahwa oleh karena Tuhan ia mampu untuk menjadi pemimpin. Dan didalam Tuhan ia menemukan visi-visi kepemimpinan tersebut. Ia selalu mencari Tuhan untuk menemukan apa yang menjadi kerinduan Tuhan didalam kepemimpinannya.

Mengandalkan Tuhan bukan kekuatan sendiri
Pemimpin yang baik tidak pernah mengandalkan kekuatan sendiri karena dia tahu bahwa dia sendiri tidak mampu. Tetapi dia mengandalkan Tuhan dan menaruh harapannya hanya kepada Tuhan karena ia tahu bahwa oleh karena Tuhan ia dapat melakukan segala hal.

Setia kepada Tuhan
Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang setia didalam Tuhan, setia untuk mengikuti Tuhan sekalipun proses yang dilaluinya itu sangatlah sulit. Karena ketika pemimpin itu setia dengan Tuhan, percayalah bahwa dia pun juga akan berusaha mati-matian dalam kepemimpinannya.
Hanyalah ini yang dapat kita lakukan untuk menjadi pemimpin yang baik tetapi hal-hal ini jugalah kurang sempurna karena itu lebih baik jikalau kita meminta kepada Tuhan untuk memberikan hikmatNya agar kita bisa menjadi pemimpin yang baik yang sesuai dengan apa yang Tuhan kehendaki. Belajarlah dari karakter seorang pemimpin terbaik yang pernah ada didunia ini, yakni Yesus Kristus, Dialah gambaran karakter yang sempurna.
Finally, kejarlah karakter pemimpin yang baik yang serupa dengan apa yang Tuhan kehendaki dan jadilah dampak bagi orang sekitar kita. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s