theplateofspirit

Menang Atas Masa Lalu

Masa lalu juga dapat dikatakan sebagai kenangan dan masing-masing orang pasti memilkinya, baik itu menyenangkan ataupun menyedihkan. Semua masa lalu pasti memberikan dampak yang berarti didalam kehidupan setiap individu terutama dalam hal kepribadian. Misal masa lalu yang menyedihkan atau buruk akan membuat orang tersebut memilki kepribadian yang agaknya tertutup, pemalu, pemarah dan sebagainya yang sifatnya negatif. Kemudian apakah masa lalu yang menyenangkan juga tidak dapat memiliki kepribadian seperti itu? Masa lalu yang menyenangkan juga dapat memilki kepribadian seperti mereka yang mengalami masa lalu yang menyedihkan tetapi kepribadiannya tidak akan separah seperti mereka.

Masa lalu yang buruk sering dipakai oleh iblis untuk menghambat kita masuk dalam rencana Tuhan, karena iblis tahu bahwa manusia sangatlah rapuh dan mudah untuk terintimidasi. Oleh karena hal tersebut, kitapun sering menghakimi diri kita sendiri dan tidak mau memaafkan diri kita sendiri. Tak jarang kitapun melarikan diri dari hadapan Tuhan karena kita merasa tak pantas dan malu untuk bertemu dengan Dia. Masa lalu yang buruk juga akan menghambat kita untuk mengembangkan potensi yang ada pada diri kita sehingga tak jarang hal tersebut membuat kita merasa bosan dengan kehidupan ini ataupun kita merasa bahwa hidup kita adalah sia-sia.

Oleh karena itu, bagaimana cara kita bisa mengatasi masa lalu yang buruk tersebut?

Hakim-Hakim 11:1-11

Temukanlah tujuan ilahi yang telah Tuhan tetapkan atas kehidupan kita

Setiap manusia diciptakan oleh Tuhan dengan tujuan yang mulia, sejak manusia lahir mereka telah membawa tujuan tersebut. Tetapi dengan berjalannya waktu seringkali kita tidak mengerti apakah yang menjadi tujuan kita hidup didalam dunia ini. Kita mulai terombang-ambing didunia yang semakin jahat, mengikuti arus dunia yang tidak sesuai dengan Firman Tuhan bahkan tak jarang kita mulai meninggalkan Tuhan. Dan masa lalu yang buruk juga telah menutupi tujuan Tuhan atas kehidupan kita sehingga kita hidup hanya untuk memuaskan hawa nafsu. Jikalau demikian segeralah kita ambil keputusan untuk kembali menemukan tujuan hidup yang telah Tuhan tetapkan sejak kita lahir. Mintalah hikmat kepada Tuhan untuk menuntun kita menemukan tujuan tersebut dan berusahalah untuk mencapai dan mewujudkannya. Dan ingatlah satu hal bahwa Tuhan tidak pernah memandang masa lalu kita yang buruk tetapi Tuhan ingin memakai masa lalu kita untuk menjadi alat kemuliaanNya.

 

Bawalah masa lalu kita kepada Tuhan dan andalkanlah Tuhan – 2 Korintus 5:17

Pada dasarnya manusia sangatlah malu untuk menceritakan dosa yang telah mereka perbuat dan masa lalu mereka yang buruk, seringkali mereka menutupinya seolah hanya mereka sendiri yang tahu. Tetapi, ingatlah satu hal bahwa Tuhan kita adalah Allah yang maha tahu, Ia tahu segala sesuatu tentang kita baik dosa ataupun masa lalu kita. Oleh karena itu, janganlah kita menyimpannya tetapi bawa dan serahkanlah itu semua kepada Tuhan, janganlah kita malu untuk mengakui dosa kita dihadapanNya dan juga janganlah malu untuk menceritakan masa lalu kita yang buruk. Karena ketika kita mengakui itu semua dan menyerahkannya kepada Tuhan, kita pun akan mengalami kelegaan, damai sejahtera, sukacita bahkan Tuhan akan menjadikan kita sebagai ciptaan yang baru didalam Dia. Dan janganlah kita mengandalkan kekuatan dan kemampuan kita sendiri karena semuanya itu akan sia-sia, tetapi andalkanlah Tuhan dalam segala hal karena jikalau Ia turut bekerja, segala perkara yang nampaknya mustahil jadi sangatlah mungkin terjadi. Dan yang terakhir, izinkanlah Tuhan untuk bekerja secara lebih didalam hidup kita dan lihatlah bahwa perkara-perkara ajaib akan terjadi dalam kehidupan kita.

Yang lama telah berlalu dan yang baru telah datang, masa lalu hanyalah sebagai batu loncatan untuk mencapai masa depan yang lebih indah bersama Tuhan. Tanggalkanlah masa lalu kita, temukanlah tujuan Tuhan atas hidup kita, berusahalah untuk mencapai dan mewujudkannya serta andalkanlah Tuhan dalam segala hal. Raihlah kemenangan demi kemenangan bersama dengan Tuhan, Allah kita. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s