theplateofspirit

Cheats, Steal and Lie

Nats Alkitab: Roma 16:17-18

Sejak dari zaman dahulu aksi menipu, berbohong dan mencuri telah ada, manusia melakukan aksi ini hanya untuk mengambil keuntungan bagi diri mereka sendiri tanpa mempedulikan dampak bagi orang lain. Aksi menipu, berbohong dan mencuri tidak hanya dilkukan oleh orang dewasa saja bahkan anak kecilpun sekarang juga telah pandai untuk melakukannya. Tidak hanya dari kalangan atas tetapi juga sampai kalangan bawahpun melakukannya, tidak hanya seorang politisi bahkan pemuka agamapun tak terkecuali melakukannya. Aksi menipu, berbohong dan mencuri dilakukan oleh hampir semua orang, bahkan seakan-akan aksi ini telah mendarah daging dalam diri manusia sehingga tanpa perlu diajarpun orang dapat melakukannya secara otodidak. Sekalipun aksi ini adalah perbuatan dosa dan merugikan, tetap saja manusia melakukannya dengan beragam alasan. Tetapi ingatlah satu hal bahwa apa yang kita tabur saat ini kitapun akan menuainya suatu saat dan upah dari segala dosa ialah maut. Oleh karena itu, jikalau kita tetap melakukan perbuatan menipu, berbohong dan mencuri, kita telah berdiri diambang pintu kebinasaan abadi. Lebih baik bagi kita untuk meninggalkan perbuatan tersebut dan melakukan apa yang baik dihadapan Tuhan, karena upah bagi mereka yang setia kepada Tuhan sampai akhir ialah kehidupan kekal bersama dengan Dia.

Sekarang yang menjadi pokok permasalahannya adalah mengapa kita dengan mudah melakukan aksi tipu, bohong dan curi? Mengapa kita juga susah untuk meninggalkannya? Bagaimanakah caranya agar kita dapat pulih dari ketiga aksi tersebut dan hidup benar dalam Tuhan?

Mengapa kita dengan mudah melakukan aksi tipu, bohong dan curi?

Karena kita sebagai manusia telah mewarisi sifat Adam

Manusia pada dasarnya mempunyai kecenderungan untuk berbuat dosa oleh karena itu manusia sangatlah mudah untuk menerima hal yang buruk daripada menerima hal yang benar.
Efesus 4:24
Oleh sebab itu, tanggalkanlah manusia lama kita dan jadi manusia yang baru dalam Tuhan, hidup dalam kekudusan, melakukan kebenaran Firman Tuhan dan segala kehendakNya.

 

Tidak mengenal Tuhan dengan benar

Kita seolah-olah telah mengenal Dia dengan membuat konsep mengenai gambaran tentang Tuhan tanpa mengenalnya secara pribadi. Beberapa sifat yang menunjukkan pengenalan akan Tuhan kita itu kurang antara lain, ialah
Efesus 4:17-20

  1. Memiliki pemikiran yang sia-sia
  2. Memilki pengertian yang gelap
  3. Menjauhi persekutuan dengan Tuhan
  4. Memiliki pemikiran yang bodoh dan hati yang degil
  5. Memiliki perasaan yang tumpul serta hanya mengikuti hawa nafsu.

Oleh sebab itu, kenalilah Tuhan secara pribadi, berjalan dalam rencanaNya, merenungkan Firman Tuhan siang dan malam serta berdoa senantiasa. Maka pengenalan akan Tuhan akan ditambahkan kepada setiap kita dari hari ke hari.

 

Masuk dalam komunitas yang salah

Komunitas memiliki sumber daya yang cukup untuk mempengaruhi pola karakter seseorang bahkan oleh karena pengaruh di karakter tersebut, komunitas dapat mempengaruhi masa depan seseorang.
Amsal 13:20
Jikalau demikian pilihlah komunitas yang benar dalam Tuhan, karena komunitas tersebut akan membantu kita dalam membangun dan mengembangkan karakter yang dikehendaki oleh Tuhan.

 

Karena kebiasaan kita untuk bermalas-malasan

Hidup seenaknya atau semaunya sendiri tanpa adanya rasa tanggung jawab.
Mulailah sibukkan diri kita untuk melakukan pekerjaan yang berkenan dihadapan Tuhan dan kita juga harus berubah untuk peduli akan sekitar kita serta mulailah untuk belajar bertanggung jawab.

 

Bagaimana caranya agar kita dapat pulih dan hidup benar dalam Tuhan?

Efesus 4:22-28

Tanggalkanlah manusia lama kita

Jauhi dan lepaskanlah karakter manusia kita yang lama, yang penuh dengan dosa dan bangunlah hidup serta karakter yang baru di dalam Yesus. Hidup dalam kekudusan dan kebenaran, bukan kembali kepada kehidupan yang lama. Semakin hari semakin kuat dalam mengikuti Yesus dan memikul salibNya.

 

Ikutilah setiap proses pemulihan

Jangalah kita lari daripada sebuah proses pemulihan, sekalipun itu susah ataupun sakit, tetap lakukanlah itu karena itu semua adalah baik untuk kita. Langkah yang harus kita lakukan dalam pemulihan ialah:

  1. Berhentilah untuk melakukan hal yang salah atau berdosa
  2. Kerjakanlah apa yang benar, sesuai dengan apa yang telah diajarkan oleh Tuhan
  3. Lakukanlah yang sebaliknya dari perbuatan manusia lama kita

Sebuah pesan bagi kita semua ialah tinggalkanlah manusia lama kita dan hiduplah menjadi manusia baru yang kudus, berkenan dihadapanNya. Janganlah langkah kita serong ke kanan ataupun ke kiri karena jalanNya ialah lurus dan benar. Kuatkanlah hati kita untuk menahan setiap godaan iblis yang ingin menarik kita kembali kepada dosa, mintalah Roh Kudus untuk membimbing kita berjalan dalam jalan kebenaran. Setialah sampai akhir karena Tuhan telah menantikan kita untuk masuk dalam kerajaanNya yang kekal.

Finally, tipu, bohong dan curi tidak ada dalam kamus orang benar tetapi hidup dalam kekudusan adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s