theplateofspirit

MASALAH

Dunia kerja selalu diwarnai dengan berbagai permasalahan, mulai dari masalah yang kecil hingga masalah yang besar. Tetapi pernahkah kita berpikir bahwa tanpa adanya sebuah masalah, kita tak akan pernah maju, kita hanya akan berlari ditempat tanpa bergeser satu langkahpun. Permasalahan yang datang jangan dihadapi dengan kepala yang panas tetapi harus ditanggapi dengan kepala yang dingin. Karena apabila kita menanggapi permasalahan tersebut dengan kepala yang panas, permasalahan tersebut akan terasa sangat berat dan seperti tak ada jalan keluarnya layaknya seutas tali yang terikat tak beraturan, yang ujungnya tak tahu yang mana. Tetapi berbeda cerita jika kita menanggapi permasalahan tersebut dengan kepala yang dingin, permasalahan tersebut akan nampak lebih mudah karena kita dapat melihat inti dari permasalahan tersebut dan kita bisa menarik sebuah solusi tanpa harus berbelit-belit. Jadi, hadapilah setiap permasalahan yang datang dengan kepala yang dingin karena itu akan membawa kita kepada solusi.

Masalah yang datang selalu menguras energi kita baik secara pikiran maupun fisik, karena dalam masalah terdapat sebuah tekanan yang menuntut kita agar menyelesaikan permasalahan tersebut secepatnya. Terkadang masalah tersebut membuat kita jenuh dan lelah karena begitu besar atau banyaknya masalah yang datang menghadang kita. Tetapi masalah itu juga baik bagi kita karena itu akan menguji seberapa besar kemampuan kita, tanpa adanya sebuah masalah, kita tak akan mengetahui seberapa besar kapasitas dan perkembangan diri yang harus kita lakukan.

Masalah bukanlah sebuah beban tetapi batu lompatan untuk meraih sesuatu yang lebih tinggi. Seringkali kita berpikir dengan adanya sebuah masalah yang menimpa kita, itu akan membuat kita menjadi lebih terbebani karena pekerjaan kita menjadi bertambah dan sepertinya nampak tak akan pernah selesai. Tetapi tak sadarkah kita, bahwa dengan adanya sebuah permasalahan yang menimpa kita, itu akan menguji diri kita secara tidak langsung, apakah kita pantas untuk mencapai yang lebih tinggi atau hanya sebatas ini saja kemampuan kita. Layaknya seorang murid yang ingin naik kelas atau naik level, dia harus melewati sebuah ujian yang mungkin tidak mudah bahkan terkadang ia harus melampaui batasan dirinya sendiri agar bisa mencapai itu semua. Jadi, hadapilah masalah yang ada dengan penuh semangat bukan perasaan terbebani karena itu adalah batu lompatan kita.

Tidak semua masalah dapat kita selesaikan sendiri bahkan dengan bantuan orang  lain sekalipun, karena pada dasarnya manusia sangatlah terbatas. Kemudian siapakah yang dapat membantu kita menyelesaikan permasalahan yang sukar, jawabannya adalah Tuhan, Ia yang telah menjadikan langit dan bumi dan yang telah menciptakan kita. Tiada yang sukar bagi Tuhan, bahkan hal yang mustahil untuk kita selesaikan, Ia sanggup melakukannya. Oleh sebab itu, marilah kita berdoa dalam segala hal, karena Ia yang akan berperang dan membukakan jalan bagi kita.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s