theplateofspirit

Bahagia Dalam Penderitaan

Janganlah pernah mau hanya menerima yang baik tetapi sekalipun susah tetaplah setia untuk mengikuti Tuhan. Tuhan telah membeli dan menebus kita, dan harga kita telah lunas dibayar oleh kematiannya di kayu salib.Janganlah fokus kepada penderitaan yang kita alami tetapi setia nantikanlah penghiburan yang Tuhan telah janjikan untuk kita.Milikilah iman yang besar dan jangan pernah takut dengan harapan kita dalam iman pada Yesus. Iman selayaknya sebuah humor yang akan menghibur dan memberi kekuatan bagi kita. Bagunlah iman yang benar dalam Yesus seperti membangun sebuah rumah dengan pondasi yang kuat.
Macam-macam penderitaan, ialah:

  • Penderitaan badani

Penderitaan nyata dan tampak yang dialami oleh tubuh jasmani kita dan oarang mampu melihatnya secara langsung apa yang kita alami.

  • Penderitaan emosi

Penderitaan yang tak tampak secara langsung, penderitaan yang dialami oleh batin atau perasaan kita. Dan tak semua orang dapat melihat apa yang kita alami.

Bagaimana kita bahagia dalam penderitaan, berikut adalah cara yang dapat kita lakukan, yakni:

  • Kejarlah pertobatan atau kesempurnaan

Evaluasi diri kita, apakah penderitaan itu adalah kesalahan kita atau memang sebuah ujian.

2 Korintus 7:8-10

Jikalau itu oleh karena kesalahan kita, segera ambil keputusan untuk bertobat, kembalilah kepada Tuhan dan jalan kebenaranNya. Harga sebuah pertobatan adalah infinity, tak terbatas, tak ternilai dan tak terbayarkan. Pertobatan adalah piala harapan kita sebagai orang berdosa.

Yakobus 1:1-4

Tetapi jikalau itu adalah ujian, setia dan kejarlah Tuhan semakin lebih lagi, karena melalui itu Tuhan akan menyempurnakan kita seperti pribadiNya yang sempurna. Jangan pernah menyerah oleh karena penderitaan tersebut tetapi tekunlah sampai akhir karena apa yang tak terbayangkan oleh kita yakni Mahkota Kemuliaan yang dari Tuhan akan di taruh diatas kepala kita.

 

  •  Pandang kekekalan

2 Korintus 4:17- 2 Korintus 5:1

Masalah ada tanggal kadaluarsanya dan masalah itu tak akan melebihi kekuatan kita.Jangan pernah curiga kepada Tuhan tetapi percayalah(not believe but trust) kepada Dia.Ubahlah cara pandang kita seperti apa yang Tuhan pandang, mintalah Tuhan untuk menuntun kita melakukan seperti apa yang Dia mau. Apa yang ada di bumi adalah sementara oleh karena itu carilah kerajaan Surga yang kekal. Hiduplah seolah-olah hari ini adalah hari terakhir kita hidup didalam dunia sehingga lakukanlah yang terbaik yang bisa kita lakukan.

 

  • Alamilah penghiburan

Mazmur 23:4

Bukan kita yang masuk dalam dunia Tuhan tetapi Tuhan yang masuk ke dalam dunia kita. Bukan dunia orang dewasa(aku tahu dan mampu) tetapi dunia anak kecil(hati yang humble) selayaknya Samuel kecil. Tuhan tak akan pernah meninggalkan kita sendirian tetapi Ia akan menggandeng tangan kita sampai kita beroleh kemenangan. Penghiburan ada dalam tanganNya yang selalu mamapah/meggendong kita dalam kasihNya yang lembut.

Finally, bisakah kita bahagia dalam penderitaan kita? Jawabnya bisa asal kita mau dan bertindak, ambillah keputusan saat ini juga dan alamilah terobosan yang baru oleh Tuhan dalam hidup kita.Janganlah pernah takut karena Tuhan selalu beserta kita. Amin.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s