theplateofspirit

The Truth of Gosip

Gosip, bukankah kita seringkali mendengar kata tersebut, bahkan bukan hanya mendengar saja tetapi kita juga melakukannya. Seringkali hal yang dibicarakan bukanlah hal yang positif melainkan hal yang negatif tentang orang lain. Dan hal itu menunjukkan bahwa ada sebuah kebencian dalam hati kita atas orang yang dibicarakan.

Ingatlah akan hal ini,

1 Yohanes 2:8-11

Hukum yang terutama adalah hukum kasih

  • Kasihilah Tuhan, Allah dengan segenap hati, akal budi dan jiwa kita.
  • Kasihilah sesama kita seperti kita mengasihi diri kita sendiri.

Hubungan kita dengan Tuhan dapat tercermin dari hubungan kita dengan sesama.

Benci dan kasih dapat dengan mudah dilihat dari apa yang kita ucapkan tentang orang lain. Apa yang dikatakan oleh mulut kita itu adalah cermin hati kita.

Markus 7:14-15 / Roma 12:15

Gosip menunjukkan hati kita yang memiliki hubungan yang tidak beres dengan Tuhan. Kita merasa tidak puas dengan kehidupan kita sendiri dan iri dengan kehidupan orang lain. Akar dari sebuah gosip adalah membandingkan diri kita sendiri dengan orang lain dan tidak mempercayai rencana Tuhan dalam kehidupan kita serta hanya mengandalkan kekuatan kita sendiri.

Konsekuensi dari membanding-bandingkan ialah:

  • Kehilangan kepercayaan kepada Tuhan.
  • Kehilangan pengharapan kepada Tuhan.
  • Kehilangan rencana Tuhan dalam hidup kita.
  • Kehilangan menikmati kasih dan kuasa Tuhan.

Gosip juga berawal dari sesuatu yang kita inginkan untuk terjadi dalam hidup kita namun hal itu tidak dapat terwujud dalam hidup kita. Sehingga kita mulai mengeluh akan kehidupan kita dan bahkan hingga yang paling ekstrim kita akan kehilangan harapan atas hidup kita.

Konsekuensinya, ialah

1 Raja-Raja 19:4

Jikalau kita kehilangan pengharapan kita kepada Tuhan maka kita sama seperti orang yang telah mati. Kita sama seperti patung yang berjalan tidak tahu lagi kemana kita harus melangkah dan harus berbuat apa, karena visi kita atas kehidupan ini sudah hilang.

Oleh sebab itu, lakukanlah hal ini:

Roma 12:12

Bersukacitalah dalam pengharapan dan bersyukurlah dalam setiap keadaan kita serta bertekunlah dalam doa dan lakukanlah kebenaran Firman Tuhan dengan setia, maka Tuhan, Allah kita akan menuntun kita dalam rencanaNya yang besar.

Kemudian bagaimanakah kita dapat mewujudkan sesuatu yang kita inginkan?

Tidak ada yang instan di dalam dunia ini, kita harus melewati sebuah proses, sekalipun itu berat dan susah, kita harus mampu melewatinya. Karena pada dasarnya sebuah proses adalah jalan untuk kita dilayakkan untuk menerima segala berkat yang telah Tuhan persiapkan bagi kita. Selayaknya tentara yang dipersiapkan untuk berperang demikianlah kita dipersiapkan Tuhan untuk masuk dalam rencanaNya yang sempurna dan menerima kemenangan yang besar.

Adapun hal-hal yang harus kita lakukan, ialah:

Mazmur 37:1-4

  • Milikilah hati yang murni dalam mengasihi Tuhan.

Jangan mengasihi Tuhan oleh karena ada maksud tersembunyi dalam hati kita, karena itu sama saja dengan kita hanya memanfaatkan Tuhan dan bukan mengasihi Dia. Janganlah mencobai Allah, karena Dia maha tahu. LOVE HIM.

  • Terlebih dahulu kejarlah visi Tuhan dalam hidup kita.

Bukan fokus mengejar visi dan keinginan kita yang duniawi tetapi terlebih dahulu kejarlah perkara yang diatas yang Tuhan  kehendaki maka semuanya itu akan ditambahkan bagi kita. Masakan Allah melupakan anakNya yang sibuk dengan perkaraNya? NEVER.

  • Serahkan hidup kita dan percayalah kepada Tuhan.

Janganlah takut akan hidup kita tetapi serahkan dan percayalah kepada Tuhan dengan segenap hati, jiwa dan akal budi kita. Dia, Tuhan yang tak pernah ingkar janji. JANJINYA SELALU TERGENAPI.

  • Bersukacitalah dalam pekerjaan Tuhan.

Janganlah bersungut dan panas hati tetapi tulus dan bersukacitalah dalam melayani Tuhan. BUKANKAH SUKACITA KITA PENUH OLEH KARENA DIA.

Tuhan memiliki visi yang besar dalam kehidupan kita dan tak ada berkat yang disembunyikan dibalik tanganNya tetapi Ia akan mencurahkan berkatNya hingga meluap-luap bahkan kedua tangan tak akan mampu untuk membawanya.

Finally, jagalah hati dan perkataan kita, janganlah iri dengan orang lain tetapi puaskanlah hidup kita oleh karena Kristus tinggal dalam hidup kita. Jadilah terang dan nyatakanlah kasih Kristus kepada setiap orang. GOD BLESS US.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s